Minggu, 10 April 2011

Resensi Cerpen Berbahasa Banjar

ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN
CERPEN SEROJA MURNI BERJUDUL KARINDANGAN

PENDAHULUAN
Struktur dalam (intrinsik) yang membangun karya sastra bergenre prosa fiksi menurut teori anatomi sastra M. Atar Semi (1993:35) terdiri dari (1) tokoh cerita (penokohan), alur cerita (plot), latar cerita (setting), pusat pengisahan (point of view), tema cerita (amanat), dan gaya bahasa (gaya penceritaan)
Meskipun semua unsur intrinsik tsb di atas ditemukan dalam cerpen Seroja Murni (SM) berjudul Karindangan (K), namun dalam analisis ini cuma dibahas tentang unsur tokoh dan penokohannya saja. Hal ini mengingat unsur tokoh dan penokohan ini merupakan unsur intrinsik yang relatif lebih menonjol dalam cerpen K karangan SM ini.
Menurut Panuti Sudjiman (1992:16), tokoh cerita adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa cerita dan atau yang berlakuan (berperan) dalam berbagai peristiwa cerita dari suatu cerita rekaan. Sedangkan penokohan adalah penyajian watak atau penciptaan citra tokoh cerita itu sendiri.
Tokoh cerita dapat diklasifikasikan menjadi 2, yakni tokoh utama dan tokoh bawahan.
Tokoh utama adalah tokoh cerita yang paling dominan atau paling menonjol intensitas keterlibatannya dalam peristiwa cerita.
Tokoh utama dapat diklasifikasikan menjadi 4 tipe, yakni.
1. Tokoh protagonis, tokoh utama yang berfungsi sebagai tokoh baik
2. Tokoh antagonis, tokoh utama yang berfungsi sebagai tokoh jahat.
3. Tokoh wirawan/wirawati, tokoh utama yang berfungsi sebagai tokoh baik yang menjadi pendukung tokoh protagonis
4. Tokoh antiwirawan/antiwirawati, tokoh utama yang berfungsi sebagai tokoh jahat yang menjadi pendukung tokoh antagonis.
Tokoh bawahan adalah tokoh cerita yang berfungsi sebagai penunjang para tokoh utama tsb di atas.
Tokoh bawahan dapat diklasifikasikan menjadi 3 tipe, yakni.
1. Tokoh andalan, tokoh bawahan yang berfungsi sebagai tokoh baik yang menjadi pendukung tokoh protagonis, dan wirawan/wirawati
2. Tokoh sempalan, tokoh bawahan yang berfungsi sebagai tokoh jahat yang menjadi pendukung tokoh antagonis dan antiwirawan/antiwirawati.
3. Tokoh tambahan (lataran), tokoh bawahan yang berfungsi sebagai pelengkap latar cerita saja
Tidak semua tipe tokoh cerita di atas ditemukan dalam cerpen K. Tokoh cerita yang ditemukan cuma 4 tipe saja, yakni.
1. Tokoh protagonis, yakni aku.
2. Tokoh wirawan, yakni guru Ahmad
3. Tokoh wirawati, yakni Nurjannah (istri guru Ahmad)
4. Tokoh andalan, yakni Yati dan adiknya (anak pasangan guru Ahmad dan Nurjannah)
Salah satu keunikan cerpen K ditinjau dari sudut tokoh dan penokohan terletak pada fakta tidak ditemukannya tokoh antagonis di dalam cerpen K.. Biasanya, dimana ada tokoh protagonis maka di situ pasti ada tokoh antagonis. Melalui tokoh-tokoh inilah cerpenis menjalankan alur cerita tahap demi tahap dengan cara mengeksploitasi atau mengeksplorasi konflik pribadi di antara keduanya.
Berkaitan dengan ketidak adaan tokoh antagonis ini, maka untuk menggerakkan alur cerita cerpen K, SM memanfaatkan tokoh-tokoh yang ada. Dalam hal ini melalui monolog-monolog tokoh protagonis, dan dialog-dialog antara tokoh protagonis dengan tokoh wirawati (paling banyak), dan wirawan. Topik monolog dan dialognya adalah konflik psikologis (karindangan lawan Guru Ahmad) yang diderita secara internal oleh tokoh aku.
Keseluruhan hasil analisis yang saya lakukan atas tokoh dan penokohan cerpen K ini ditujukan untuk dijadikan sebagai bahan referensi penunjang dalam menjawab pertanyaan pokok, yakni : mengapa di dalam cerpen K tidak ada tokoh antagonis?

TOKOH AKU DAN PENOKOHANNYA
Tokoh aku dalam cerpen K digambarkan secara dramatik sebagai seorang wanita muda, masih perawan (belum bersuami), dan bekerja sebagai guru di salah satu sekolah yang ada di kota Marabahan (Kuta Bahalap). Pada suatu ketika tokoh aku mengikuti penataran di Jakarta, di sana ia berkenalan dengan guru Ahmad, peserta penataran lainnya yang kebetulan juga berasal dari kota Marabahan.
Boleh jadi, karena selalu bertemu dan runtang-runtung bersama selama mengikuti penataran, maka masuklah bisikan iblis di hati tokoh aku.
Betapa tidak?
Sepulangnya dari mengikuti penataran di kota Jakarta, tokoh aku selalu terkenang-kenang pada guru Ahmad. Dalam bahasa daerah setempat kasus psikologis semacam ini lajim disebut sebagai karindangan saurangan (jatuh cinta sendiri, jatuh cinta sepihak, atau cinta bertepuk sebelah tangan).
Aku tahu ai amun baampik sabalah tangan tu lacit ka kiamat kada bakal babunyi. Aku tahu ai amun urang nang kuganang siang malam nangitu kada tahu manahu. Mandingkur karuh urang dihiga nang bini. Aku makaam ciling-ciling maitung kasau, gulang galik bakawan gaguling, ngalih banar mancari guring. Samakin rapat aku bapajam, samakin nampak sidin manggaliwayang.
Mandi di burit jamban sudah jua. Dalas manggalatak dagu kadinginan tatap kuariti, asal kawa mencukupakan tujuh subuh. Tapi nangapa hasilnya? Jangan mau hilang, babangat saapa. Dipadahakan urang mandi banyu Yasin, kugawi jua, ganap talu sanja kada ampih jua.
Aku bingung kada sakira, dusa nangapa nang maulah aku pina mambungul kaya ini? Masih waraskah aku ini atawa sudah gilakah? Badiri barangkat rasa mangulir, makan guriong kada kakaruan rasa, dibawa balingkar di kaguringan makin mandalami mata luka haja. Dasar liwar sakitnya hati, kada nyanymanan karindangan saurangan.
Konflik psikologis yang bersifat internal (pribadi) itu tampaknya sangat mengganggu bioritmik tokoh aku. Batinnya terasa tersiksa, merasa resah, dan stress berkepanjangan. Di mana pada puncak keresahannya tokoh aku kemudian mengambil keputusan di luar kebiasaan wanita Timur yang pemalu.
Dia nekad mengadukan keresahannya hatinya langsung ke hadapan Nurjannah (istri guru Ahmad). Tokoh aku tanpa malu-malu dan tanpa tedeng aling-aling dengan nekadnya mengakui bahwa dirinya telah lama memendam rasa cinta mendalam terhadap guru Ahmad. Di mana untuk menghilangkan penyakit batinnya itu tokoh aku memohon agar Nurjannah berkenan mengizinkan suaminya (guru Ahmad) untuk mengambil dirinya sebagai istri yang kedua.
Amun kaya ini naga-naganya, jangankan jalanan hidup jalan mati kujalani. Dalas tatinggal ngaran, dimana pacah disitu tambikarnya. Aku musti bailang ka wadah sidin. Ditulak sidin mantah-mantahkah, barungkup baudar lawan bini sidinkah, aku kada hiran lagi. Kaya apa haja kajadiannya tatap kusandang. Nyaman tahu kasudahannya.
Lamun dipikirakan lawan pikiran nang waras, musti kada tagawi. Urang gila mana nang hakun mailangi bakal madu? Cakadada habar dipahabar urang waras hakun nang kaya itu. Paling kada banar, urang bapikir dua talu kali dahulu.
Nang ngaran pambawaan hati rusak, kalu pang tahu disupan, dalas tabujur tahalang, aku kada ingat lagi di burit kapala. Sambil basimbah lawan banyu mata, sasakalinya kukuyakakan samuannya nang ada di dalam parutku.
Secara umum penokohan tokoh aku dilakukan secara analitik sebagaimana yang antara lain tercermin pada kutipan teks di atas. Tapi ada juga yang dilakukan secara dramatik sebagaimana yang tercermin pada kutipan teks berikut ini.
Bangsa pukul sapuluh kakanakan sudah habis bulikan, kami basingsat jua handak bulik. Aku kada singgah ka rumah, balarut manurutakan hati, tarus haja ka rumah sidin. Sidin balum bulik matan sakulahan. Bini sidin manyuruh aku masuk sambil takarinyum.
Kutipan teks di atas merupakan contoh penokohan yang dilakukan secara dramatik, di mana secara tidak langsung (implisit) dilukiskan bahwa tokoh aku adalah seorang guru wanita.
“Banyaklah nang anum-anum kaya ikam ini?”
“Banyak banar, labih saparu ka-ai.”
Kutipan teks dialog di atas merupakan contoh penokohan yang dilakukan secara dramatik, di mana dilukiskan secara tidak langsung (implisit) bahwa tokoh aku adalah seorang wanita muda yang masih belum bersuami alias masih perawan (anum).

TOKOH WIRAWATI
Tokoh Nurjannah yang berstatus sebagai tokoh wirawati dilukiskan secara dramatik sebagai seorang wanita berparas cantik, bertubuh menarik, peramah, dan berakhlak baik.
Dasar cucuk pata lawan habar, sasuai lawan ngaran : Nurjannah, cahaya surga, langkar lawan bibingkingnya. Pangawak kaya bintang pilim, awak sintal mancirunung kaya hintalu bajarang hanyar dikuyak. Pantas lamun guru Ahmad kada kapingin lagi lawan nang lain.
Aku babanaran kagum, supan saurangan. Bini urang itu kada muha haja nang bungas, tapi langkar luar dalam, lacit ka parut lilit. Sidin kada sarik mandangar aku batarus taran, pina maras sa-apa. Sambil lihum dikulum inda kikiliran banyu mata sidin, lalu baucap.
“Aku basukur lawan Tuhan, amun ikam babanaran hakun maringanakan gawianku.” Ujar sidin sambil mamaluk mausuti awakku, matan di kapala lacit ka balukuk. Kada sasalisih lawan mama wayah mambisai aku manangis bahari.
Profil ideal tokoh wirawati bernama Nurjannah ini antara lain tercermin secara dominan dalam pelukisan sikapnya yang tidak reaktif terhadap pengakuan tokoh aku yang dengan jujurnya mengakui sebagai telah lama memendam rasa cinta sepihak (karindangan) kepada suaminya. Bahkan, Nurjannah juga tidak bersikap reaktif (marah besar) terhadap tokoh aku yang tanpa malu-malu memohon agar dirinya mengizinkan guru Ahmad melakukan poligami dengan menjadikan tokoh aku sebagai istri yang kedua.
Selain tidak marah besar, uniknya Nurjannah bahkan malah memberi peluang yang memungkinkan tokoh aku untuk menjadi calon madunya. Sikap ini saya kira sulit ditemukan padanannya dalam kehidupan keseharian di muka bumi ini. Lajimnya, seorang wanita akan marah besar kepada wanita lain yang mencoba-coba untuk mendudukkan dirinya pada posisi sebagai calon madunya. Bah, barungkup tupang kasudahannya.
“Asal abahnya kakanakan hakum maambil ikam bini, aku kada manangat sadikit-dikit. Aku ihlas babagi rasa lawan di ikam. Sabab, nang ngaran judu, rajaki, bahagia diri, kalawan maut, itu kada kita nang maatur. Kida kawa baindah malawan takdir Tuhan,” ujar sidin sambil bagamat badiri, lalu bakinjut ampah ka dapur.
“Ayu ja, dingai, amun dasar judu Tuhan patut haja tu alurnya, tapi amun kahandak iblis haja hilang saurangannya haja kaina.”
Kaka bini batumat bagurimih mangisahakan maksud kadatanganku, pajam buncilak sidin bacalatun, mata di alip lacit ka nang pa-ampihan, sabatik-batik kadada kalumpanan.
“Ikam pang kaya apa? Kaka laki batakun lawan bini sidin.
“Siapa nang hingkat mangikis judu Tuhan? Amun itu sudah kahandak nang di atas, ulun ihlas ka-ai. Napa lagi ading ni anum banar. Kawini. Kasian amun balalawasan basakit hati. Ulun marasa badusa ganal, amun inya sampai kada kakaruan ma-ajar di sakulahan.”
Berdasarkan sikapnya yang tidak antipati pada tokoh protagonis, maka dalam analisis cerpen K ini saya tidak menempatkan tokoh Nurjannah pada posisi sebagai tokoh antagonis, tetapi menempatkannya pada posisi sebagai tokoh wirawati. Dalam hal ini tokoh yang menjadi pendukung tokoh protagonis, bukan tokoh penentangnya.

TOKOH WIRAWAN
Tokoh guru Ahmad yang berstatus sebagai tokoh utama bertipe wirawan dilukiskan secara dramatik sebagai seorang pria setengah baya, suami dari Nurjannah (tokoh wirawati), dan ayah dari Yati dan adiknya (okoh tambahan), berprofesi sebagai seorang guru, pintar, dan tidak mata keranjang.
Profil guru Ahmad tidak kalah idealnya dengan profil tokoh Nurjannah. Betapa tidak? Meskipun peluang untuk menikahi tokoh aku sudah terbuka dengan luasnya, namun, guru Ahmad masih mampu menahan dirinya untuk melakukan poligami. Dalam hal ini guru Ahmad bukanlah tipe pria mata keranjang yang dengan serta langsung memamanfaatkan peluang yang ada dengan pendekatan aji mumpung (tampulu ada nang batawar, wan jua tampulu bini mahakuni).
“Amun ikam badudua, rasa kawa haja batuturatan, aku kada kawa baindah. Ujar urang badusa ganal maliungi rajaki nang handak bahinggap, mubajir,” lanjar kurihing sidin handak lacit ka talinga.
“Tapi, amun ikam bakal bacakut papadaan, bakal mariributakan urang sakampungan, bakal mambari malu kadang warga haja, baik paraya ha,” ujar sidin pina nahap.
Kami bacacangan lawan aka bini, babarapa kali sidin magijipi aku sambil unggut-unggut mambari utau, manyuruh ma-akuri, tapi muntungklu rasa ngalih banar diungkapakan.
“Damintu ha,” ujar sidin mancangangi muhaku,” ikam hakunlah kusuruh sumbahyang tahajud 41 malam?” Sidin cangang kada sing kilipan, rasa mancucuk lacit ka jantung.
Nang ngaran hati handak, aku kada bapikir panjang lagi, balajur haja ba-unggut sambil manyahut.
“Ayu ja, ka-ai,” ujarku babaya kadangaran.
“Kaina amun kada hilang jua, ikam bapadah ka sini, nyaman kaka ikam badatang ka rumah ikam,” ujar sidin takarinyum.
Malam Jumahat itu jua aku batumat manggawi sambahyang tangah malam. Malam itu aku bangun parak kasiangan, parak pukul tiga subuh. Ngalih pang mambuang batu di palatar, ngaran balum tapatuh manyubuh, rasa ringkut raat awak malan dingin.
Menurut ceritanya, setelah melaksanakan shalat tahajud selama 21 malam berturut-turut, maka rasa karindangan yang selama ini mendekam dengan dalamnya di hati tokoh aku menjadi hilang tak berbekas sama sekali.
Samalaman, dua malam, talu mala, balum kalihatan lagi ciri-ciri cagar membari bakas, tapi imbah ganap malam ka salikur, labaram karasaan banar padilatnya. Aku makin cangkal bangun mambasuh siku, jangan tatinggal nang wajib, nang sunat haja gin asa rugi. Makan sasain nyaman, guring sasain janak, bagawian sasain basumangat, pikiran nang kada karuan hilang saurangannya, kaya babuang kalimpanan.
Kenyataan itu menumbuhkan semacam kesadaran di hati tokoh aku bahwa rasa karindangan yang dideritanya selama ini tidak lebih daripada mainan iblis belaka, bukan isyarat perjodohan yang direstui Tuhan. Kesadaran semacam itu pada akhirnya membuat tokoh aku mengambil keputusan untuk menarik kembali permohonannya untuk dinikahi oleh guru Ahmad.

PENUTUP
Setelah melakukan analisis atas tokoh dan penokohan dalam cerpen K, maka saya menyimpulkan bahwa para tokoh yang mengalami peristiwa dalam cerpen K ini diolah sedemikian oleh cerpenisnya sesuai dengan tuntutan alur cerita dan amanat cerita yang ingin disampaikannya.
Alur cerita cerpen K digerakan oleh konflik psikologis dalam bentuk rasa karindangan yang diderita tokoh aku secara pribadi (internal) terhadap tokoh guru Ahmad yang telah berstatus sebagai suami orang. Konflik psikologis inilah yang menjadi benang merah atau penghubung antar peristiwa cerita yang ada dalam semua tahapan alur cerita cerpen K. Di mana karena posisinya yang demikian itu, maka konflik psikologis dalam bentuk rasa karindangan dimaksud juga merupakan tema utama cerpen K. Hal ini sesungguhnya sudah langsung tergambar dari judulnya.
Peristiwa cerita yang ditempatkan pada alur akhir (leraian dan selesaian) adalah peristiwa cerita sembuhnya tokoh aku dari penyakit asmara yang disebut karindangan. Menurut ceritanya, tokoh aku berhasil menyembuhkan penyakit psikologis itu dengan cara melakukan sembahyang tahajud sebagaimana yang disarankan oleh tokoh guru Ahmad. Dari 41 malam yang disarankan, tokoh aku sudah berhasil memetik manfaatnya pada pelaksanaan malam yang ke 21.
Peristiwa cerita sembuhnya tokoh aku dari penyakit karindangan secara otomatis identik dengan telah selesainya konflik psikologis atau telah putusnya benang merah cerita dalam cerpen K. Peristiwa cerita yang happy ending ini sudah barang tentu disambut gembira oleh semua tokoh cerita.
Hilangnya rasa karindangan di hatinya, dengan sendirinya membuat tokoh aku tidak lagi bernafsu untuk minta dinikahi oleh tokoh guru Ahmad.
Sebaliknya, dengan tidak adanya tuntutan dimaksud, maka dengan sendirinya tokoh guru Ahmad telah kehilangan dalih pembenar yang dapat mendorongnya untuk mengawini tokoh aku sebagai istri kedua.
Selanjutnya, dengan batalnya guru Ahmad melakukan poligami maka dengan sendirinya Nurjannah batal bermadu dengan tokoh aku, dan Yanti (berikut adiknya) batal beribu-tirikan tokoh aku. Happy ending.
Sikap tokoh aku yang secara sukarela bersedia melepaskan kesempatan untuk bersuamikan guru Ahmad secara tidak langsung dipujikan oleh cerpenisnya sebagai sikap yang bijaksana. Amanat inilah yang ingin disampaikan secara implisit oleh cerpenisnya melalui cerpen K ini.
Peristiwa sembuhnya tokoh aku dari penyakit karindangan yang dideritanya selama ini, berikut tidak terjadinya peristiwa perkawinan poligami antara tokoh aku dengan tokoh guru Ahmad merupakan amanat yang ingin disampaikan secara tidak langsung (implisit) oleh SM selaku cerpenisnya melalui cerpen K ini.
Dalam hal ini SM ingin mengamanatkan bahwa apapun alasannya poligami bukanlah solusi yang terbaik dalam menyelesaikan konflik psikologis semacam itu.
Seorang wanita muda yang belum berumah tangga (masih perawan), tanpa memandang profesi dan status sosialnya (termasuk sebagai guru sekalipun) boleh saja jatuh cinta (karindangan) kepada suami orang. Namun, untuk menyelesaikannya tidak mesti memilih jalan poligami.
Poligami boleh dilakukan jika penyakit karindangan dimaksud memang merupakan isyarat perjodohan yang direstui Tuhan (setelah diuji dengan cara melaksanakan sembahyang tahajud selama 41 malam berturut-turut.
Tema cerita antipoligami inilah yang menjadi kunci jawaban mengapa dalam cerpen K tidak ada tokoh antogonis. Tokoh antogonis memang tidak dibutuhkan dalam cerpen bertema antipoligami semacam cerpen K ini.
Betapa tidak?
Tokoh protagonis dalam dalam cerpen K (aku) tidak membutuhkan lawan berkonflik yang harus dikalahkannya, atau yang harus mengalahkannya. Tokoh protagonis dalam cerpen K berstatus sebagai tokoh yang harus ditolong, dengan demikian ia lebih membutuhkan tokoh wirawan dan wirawati.
Terbukti, tokoh protagonis berhasil menyembuhkan dirinya dari penyakit psikologis yang dideritanya selama berkat jasa baik tokoh wirawati dan wirawan yang bersikap baik dan bersahabat dengannya. Tokoh wirawati berbuat baik dengan cara mengikhlaskan suaminya kawin lagi, dan tokoh wirawan berbaik hati dengan mengusulkan tata cara penyembuhan penyakit karindangan yang sesuai dengan tuntutan syar’I (Islami)
Fenomena penyelesaian konflik yang ditempuh SM sebagai pengarang cerpen K merupakan petunjuk bahwa alur cerita (plot) tidak mesti harus digerakkan dengan cara mempertikaikan tokoh protagonis versus tokoh antagonis, tetapi juga bisa dengan cara mempersatukan tokoh protagonis dengan tokoh wirawan, wirawati, dan andalan dalam suatu peristiwa cerita yang saling terikat oleh konflik cerita yang sama atau benang merah yang saling mempertautkan sejumlah peristiwa cerita.

BAHAN BACAAN
Murni, Seroja. 1993. Karindangan. Banjarmasin : Bahan Kuliah Pendekatan Struktural Sastra PBSID STKIP PGRI Banjarmasin. Tidak diterbitkan.
Semi, M. Atar. 1993. Anatomi Sastra. Padang : Penerbit Angkasa Raya. Cetakan II.
Sudjiman, Panuti. 1992. Memahai Cerita Rekaan. Jakarta : Penerbit Pustaka Jaya.
Taman Budaya Kalsel, 2004. Kompilasi Naskah Cerpen Bahasa Banjar. Banjarmasin : Taman Budaya Kalsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar