Minggu, 10 April 2011

PUISI BANJAR GENRE BARU BERJENIS BALADA

Oleh Tajuddin Noor Ganie, M.Pd
Dosen Mata Kuliah Sastra Banjar
PBSID STKIP PGRI Banjarmasin

ETIMOLOGI DAN DEFINISI
Menurut Zaidan dkk (1994:41), istilah balada berasal dari bahasa Belanda ballade. Istilah ini merujuk kepada sajak kisahan yang mula-mula dimaksudkan untuk dinyanyikan, sering memakai bahasa sederhana, mengisahkan cerita malang melalui percakapan atau pemerian lakuan, dan kadang-kadang menggunakan larik-larik ulang.
Balada menurut Rani (1996:86), adalah sajak atau puisi yang berisi suatu cerita atau kisah yang mungkin terjadi atau hanya khayalan penyairnya saja.
Menurut Hasanuddin WS dkk (2007:114), istilah balada berasal dari bahasa Inggeris ballad, yaitu cerita dalam bentuk syair. Isi balada mengisahkan perbuatan-perbuatan seorang tokoh legendaris, entah dari zaman kuno atau dari zaman yang belum begitu lama berselang. Semula bentuk balada dibawakan oleh seorang pengamen atau troubadur, dinyanyikan, dan sering dengan refren.
Berdasarkan paparan di atas, Ganie (2009) berpendapat puisi berjenis balada adalah puisi yang berisi kisahan atau cerita tentang riwayat hidup sesorang.
Sehubungan itu maka diksi yang dipilih penyair untuk membuat puisi berjenis balada adalah kosa kata yang bernada pemujaan, pemuliaan, pengagungan, penghormatan, pujian, dan sanjungan terhadap seseorang.

PUISI BANJAR GENRE BARU BERJENIS BALADA
Hingga sekarang ini penulis belum berhasil menemukan istilah dalam bahasa Banjar yang digunakan untuk menyebutkan puisi Banjar genre baru berjenis balada. Sehubungan dengan itu, istilah balada langsung saja diadopsi sebagai nama untuk puisi Banjar genre baru yang bentuk fisik dan bentuk batinnya identik dengan puisi berjenis balada dalam khasanah puisi Indonesia genre baru.

KISAH BIDAN UNAH DI SUNGAI PARING

Talu turun sudah babibidanan niya
Tumat di aruah nini ka aruah uma
Lacit ka hinggan diaku wayah niya
Lakun pina candatan jadi bidan
Tang balalu bisa maurut maungkan
Pinandu andaknya tahu uratnya
Kawa manyaluk panyakit lawan tatambanya

Kada kaya paribasa
Biasa urang sudah dua hari dua malam
Sakit parut anaknya kada sing kaluaran
Awaknya sabalah babagi lawan mati
Talu ikung sudah bidan nang mangambarani
Tagal babaya aku datang
Kujapai hujung paranakannya
Kuungkan lawan tangan kanan
Kubujurakan lawan tangan kiwa
Mandarusut anaknya kaluar

Han, aku lakun pina bapiragah
Tagal damintu ti pang kisahnya
Babibidanan niya musti candatan
Amun tadapat nang kaya damintu
Apa maatar umur urang
Bagantung di rambut sahalai!
(Seman, 1976:22)

Puisi di atas bercerita tentang pengalaman pribadi yang paling mengesankan, mendebarkan, sekaligus paling membanggakan dari seorang bidan kampung (dukun beranak) bernama Unah, yakni menolong persalinanan seorang ibu yang sudah berada pada tahap krisis.
Selain itu juga diceritakan bahwa ilmu sebagai bidan kampung tidak diperolehnya secara formal di bangku sekolah atau di kursi kuliah, tetapi diperolehnya secara otodidak melalui sistem pewarisan yang bersifat nepotisme, yakni melalui garis keturunan. Pada mulanya, profesi ini ditekuni oleh neneknya, setelah itu ditekuni oleh ibunya, dan sekarang ditekuni oleh bidan Unah sendiri. Menurut versi penyair, bidan Unah termasuk tokoh legendaris, paling tidak tokoh legendaris yang banyak berbuat jasa menolong para ibu dalam melakukan persalinan di lingkungan tempat tinggalnya.

BATATAMBA

Cakada baniat-niat cagar jadi dukun
Nang sudah takana kapintangannya
Balalu tabalujur lurungnya
Pina patut andakannya
Pinandu sagala warna macam panyakit
Lalaku asal pungkalanya
Nang tumat di angin tumat di banyu
Maklum dunia luas kada bahinggan
Nang datang tumat di masrik di magrib

Mamagat kisah :
Jadi anak naya tamasuk pina barat
Takana kaandakan urang halus
Barangnya nitu nang musti dibuangi
Hanyar batatamba panyakitnya
Sutil haja kaina
Kaya mambuang kalimpanan

Diaturiakan bubur habang bubur putih
Parapah hayam hirang saikung
Nasi lamak lawan hintalunya
Kupi panas batimbaku ruku daun
Pisang mahuli diandak di kain hirang
Gasan panabus panyangganya

Bala tumat di angin tumat di banyu
Maklum dunia luas kada bahinggan
Tagal sutil haja kaina
Kaya mambuang kalimpanan
(Seman, 1976:23)

Puisi di atas bercerita tentang pengalaman pribadi yang paling sering dialami oleh seorang juru sembuh alternatif (bahasa Banjar, panambaan) yang hidup di lingkungan masyarakat Banjar yang masih tradisional di daerah Kalsel. Pengobatan penyakit bukanlah perkara besar, asal keluarga pasien bersedia menghidangkan sajen kepada orang gaib (bahasa Banjar, urang halus) yang menjadi sumber penyakit itu sendiri.
Tugas juru sembuh alternatif hanyalah sebagai juru urus (tukang lobi) dalam proses tawar menawar antara urang gaib sebagai sumber penyakit dengan pasiennya sebagai korban. Hampir semua jenis penyakit yang bersumber dari alam gaib diselesaikan dengan modus operandi pemberian sajen tertentu oleh pasien kepada orang gaib yang membuatnya mengidap suatu penyakit.
Selain itu juga diceritakan bahwa ilmu sebagai juru sembuh alternatif tidak diperolehnya secara formal di bangku sekolah atau di kursi kuliah. Tidak pula diperolehnya melalui proses belajar secara otodidak, tetapi diperolehnya secara laduni, yakni datang begitu saja sebagai takdir yang tak bisa ditolaknya.
Menurut versi penyair, juru sembuh alternatif di atas termasuk tokoh legendaris, paling tidak tokoh legendaris yang banyak berbuat jasa memulihkan kesehatan para pasien yang datang meminta tolong kepadanya.

BAPA URANG PAHUMA

Taimbai ka luar hayam di kurungan
Tajak disahan bapa di bahu kiwa
Mahambin butah baisi cirat baisi banyu mati
Nasi di rantang lauk haruan babanam
Parak dauh babunyi wayah magrib
Bapa datang manjinting gumbili kayu

Limbah isa kami sudah ranaian
Bapa guring mangaruh tatilantang
Lunjak hinak lapah di dada sidin
Manyandang hidup sarumahan
Pakai tapih baju lawan sasuapan

Kandal tapak tangan bapa kami
Balikas mangacak hulu tajak
Luncur urat cacing di pagalangan
Kulit awak sidin basapu tuha
Mincar langit panas matahari
Muha kada sarupa lawan umur
(Seman, 1976:31)

Tokoh legendaris dalam puisi di atas adalah bapa lirik yang berprofesi sebagai seorang petani yang selalu bekerja keras untuk menghidupi anak istrinya. Menurut versi penyair, bapa termasuk tokoh legendaris, paling tidak tokoh legendaris yang telah mengukir jasa besar sebagai pencari nafkah atau tulang punggung kehidupan keseharian anak dan istrinya.

BAHAN RUJUKAN
Aminuddin, 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Ganie, Tajuddin Noor. 2009. Kreatif Menulis Puisi. Banjarmasin : bahan kuliah Penulisan Kreatif Sastra, tidak diterbitkan.
Hasanuddin WS, 2007. Ensiklopedi Sastra Indonesia. Bandung : Titian Ilmu. Cetakan II
Rani, Supratman Abdul. Ikhtisar Sastra Indonesia. Bandung : Pustaka Setia
Seman, Syamsiar. 1976. Tanah Habang. Kumpulan Puisi Basa Banjar 1976. Banjarmasin : Bina Budaya Banjar.
Zaidan, dkk, Abdul Razak. 1994. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar